KUMPULAN PUISI WJ. THUKUL AKU INGIN JADI PELURU
Buku ini memuat 5 kumpulan puisi, yaitu Lingkungan
Kita Si Mulut Besar (46 puisi), Ketika Rakyat Pergi (16 puisi), Darman dan
Lain-lain (16 puisi), Puisi Pelo (29 puisi), dan Baju Loak Sobek Pundaknya (28 puisi)
Beberapa pilihan puisi Wiji Thukul dalam Ketika Rakyat Pergi
Peringatan
jika rakyat pergi
ketika penguasa pidato
kita harus hati-hati
barangkali mereka putus asa
kalau rakyat sembunyi
dan berbisik-bisik
ketika membicarakan masalahnya sendiri
penguasa harus waspada dan belajar mendengar
bila rakyat tidak berani mengeluh
itu artinya sudah gawat
dan bila omongan penguasa
tidak boleh dibantah
kebenaran pasti terancam
apabila usul ditolak tanpa ditimbang
suara dibungkam kritik dilarang tanpa alasan
dituduh subversif dan mengganggu keamanan
maka hanya ada satu kata: lawan!
Solo, 1986
Dalam Kamar 6 x 7 Meter
mimpi-mimpi bagusku kubunuh dengan kenyataan
tinggal tubuh kurus kering dan cericit tikus
ketika kuterbaring tidur di tikar dan bantal
yang banyak bangsatnya
tak seluruh mimpi-mimpi itu sirna
tersisa juga yang sederhana:
alangkah bahagia aku andai sudah bisa beli
minyak tanah dan menyalakan lampu teplok
lalu membaca buku sampai malam larut dan menulis
alangkah bahagia aku andai sudah beli kompor
dan masak supermi ketika lapar
alangkah bahagia aku andai sudah bisa menggaji ibu
membeli baju baru bagi adik-adik ketika lebaran
rokok buat bapak dan lain-lain
lapar memang memalukan!
(tiba-tiba aku mendengar jutaan nyawa saudaraku yang
karena lapar menjadi copet, lonte dan gelandangan
tiba-tiba aku merasa lebih kaya tinimbang mereka
rumah punya, nyewa tak apa
makan bisa hutang kiri-kanan
minum tersedia air sumur umum).
justru hari inilah
ketika aku lapar sendiri dalam kamar 6 x 7 meter
di sini ini
aku bersyukur masih sempat nulis puisi
aku bersyukur masih sempat nulis puisi
Bunga dan Tembok
seumpama bunga
kami adalah bunga yang tak
kaukehendaki tumbuh
engkau lebih suka membangun
rumah dan merampas tanah
seumpama bunga
kami adalah bunga yang tak
kaukehendaki adanya
engkau lebih suka membangun
jalan raya dan pagar besi
seumpama bunga
kami adalah bunga yang
dirontokkan di bumi kami sendiri
jika kami bunga
engkau adalah tembok
tapi di tubuh tembok itu
telah kami sebar biji-biji
suatu saat kami akan tumbuh bersama
dengan keyakinan: engkau harus hancur!
di dalam keyakinan kami
di mana pun – tiran harus tumbang!
Solo, 87-88
Beberapa pilihan puisi Wiji Thukul dalam Baju Loak Sobek Pundaknya
Puisi Sikap
maumu mulutmu bicara terus
tapi tuli telingamu tak mau mendengar
maumu aku ini jadi pendengar terus
bisu
kamu memang punya tank
tapi salah besar kamu
kalau karena itu
aku lantas manut
andai benar
ada kehidupan lagi nanti
setelah kehidupan ini
maka aku kuceritakan kepada semua makhluk
bahwa sepanjang umurku dulu
telah kuletakkan rasa takut itu di tumitku
dan kuhabiskan hidupku
untuk menentangmu
hei penguasa zalim
24 januari 97
Gentong Kosong
parit susut
tanah kerontang
langit mengkilau perak
matahari menggosongkan pipi
gentong kosong
beras segelas cuma
masak apa kita hari ini
pakis-pakis hijau
bawang putih dan garam
kepadamu kami berterima kasih
atas jawabanmu
pada sang lapar hari ini
gentong kosong
airmu kering
ciduk jatuh bergelontang
minum apa hari ini
sungai-sungai pinggir hutan
yang menolong di panas terik
dan kalian pucuk-pucuk muda daun pohon karet
yang mendidih bersama ikan teri di panci
jadilah tenaga hidup kami hari ini
dengan iris-irisan ubi keladi
yang digoreng dengan minyak
persediaan terakhir kami
gentong kosong
botol kosong
marilah menyanyi
merayakan hidup ini
6 Januari 97
Nonton Harga
ayo
keluar kita keliling kota
tak perlu ongkos tak perlu biaya
masuk toko perbelanjaan tingkat lima
tak beli tak apa
lihat-lihat saja
kalau pengin durian
apel pisang rambutan atau anggur
ayo
kita bisa mencium baunya
mengumbar hidung cuma-cuma
tak perlu ongkos tak perlu biaya
di kota kita
buah macam apa
asal mana saja
ada
kalau pengin lihat orang cantik
di kota kita banyak gedung bioskop
kita bisa nonton posternya
atau ke diskotik
di depan pintu
kau boleh mengumbar telinga cuma-cuma
mendengarkan detak musik
denting botol
lengking dan tawa
bisa juga kaunikmati
aroma minyak wangi luar negeri
cuma-cuma
aromanya saja
ayo
kita keliling kota
hari ini ada peresmian hotel baru
berbintang lima
dibuka pejabat tinggi
dihadiri artis-artis ternama dari ibukota
lihat
mobil para tamu berderet-deret
satu kilometer panjangnya
kota kita memang makin megah dan kaya
tapi hari sudah malam
ayo kita pulang
ke rumah kontrakan
sebelum kehabisan kendaraan
ayo kita pulang
ke rumah kontrakan
tidur berderet-deret
seperti ikan tangkapan
siap dijual di pelelangan
besok pagi
kita ke pabrik
kembali kerja
sarapan nasi bungkus
ngutang
seperti biasa
18 Nopember 96
Baju Loak Sobek Pundaknya
siang tadi aku beli baju
harganya murah
harganya murah bojoku
di pedagang loak
di pedagang loak bojoku
pundaknya sedikit sobek
sedikit sobek bojoku
bisa dijahit tapi
nanti akan kubeli benang
akan kubeli jarum
untuk menjahit bajumu bojoku
untukmu bojoku
baju itu untukmu
tadi siang kucuci baju itu
kucuci bojoku
tapi aku bimbang
aku bimbang bojoku
kutitip ke kawan
atau kubawa sendiri
nanti kalau aku pulang
kalau aku pulang bojoku
karena sekarang aku buron
diburu penguasa
karena aku berorganisasi
karena aku berorganisasi bojoku
baju itu kulipat bojoku
di bawah bantal
tak ada setrika bojoku
tak ada setrika
agar tak lusuh
agar tak lusuh
karena baju ini untukmu bojoku
22 Januari 96
Tujuan Kita Satu Ibu
kutundukkan kepalaku
bersama rakyatmu yang berkabung
bagimu yang bertahan di hutan
dan terbunuh di gunung
di timur sana
di hati rakyatmu
tersebut namamu selalu
di hatiku
aku penyair mendirikan tugu
meneruskan pekik salammu
a luta continua
kutundukkan kepalaku
kepadamu kawan yang dijebloskan
ke penjara negara
hormatku untuk kalian
sangat dalam
karena kalian lolos dan lulus ujian
ujian pertama yang mengguncang
kutundukkan kepalaku
kepadamu ibu-ibu
hukum yang bisu
telah merampas hak anakmu
tapi bukan cuma anakmu ibu
yang diburu dianiaya difitnah
dan diadili di pengadilan yang tidak adil ini
karena itu aku pun anakmu
karena aku ditindas
sama seperti anakmu
kita tidak sendirian
kita satu jalan
tujuan kita satu ibu: pembebasan!
kutundukkan kepalaku
kepada semua kalian para korban
sebab hanya kepadamu kepalaku tunduk
kepada penindas
tak pernah aku membungkuk
aku selalu tegak
4 juli 1997
Catatan
gerimis menderas tengah malam ini
dingin dari telapak kaki hingga ke sendi-sendi
dalam sunyi hati menggigit lagi
ingat
saat pergi
dan pipi kiri kananmu
kucium
tak sempat mencium anak-anak
khawatir
membangunkan tidurnya (terlalu nyenyak)
bertanya apa mereka saat terjaga
aku tak ada (seminggu sesudah itu
sebulan sesudah itu
dan ternyata lebih panjang dari yang kalian harapkan!)
dada mengepal perasaan
waktu itu
cuma terbisik beberapa patah kata
di depan pintu
kaulepas aku
meski matamu tak terima
karena waktu sempit
aku harus gesit
genap ½ tahun aku pergi
aku masih bisa merasakan
bergegasnya pukulan jantung
dan langkahku
karena penguasa fasis
yang gelap mata
aku pasti pulang
mungkin tengah malam dini
mungkin subuh hari
pasti
dan mungkin
tapi jangan
kau tunggu
aku pasti pulang dan pasti pergi lagi
karena hak
telah dikoyak-koyak
tidak di kampus
tidak di pabrik
tidak di pengadilan
bahkan rumah pun
mereka masuki
muka kita sudah diinjak!
kalau kelak anak-anak bertanya mengapa
dan aku jarang pulang
katakan
ayahmu tak ingin jadi pahlawan
tapi dipaksa menjadi penjahat
oleh penguasa
yang sewenang-wenang
kalau mereka bertanya
“apa yang dicari?”
jawab dan katakan
dia pergi untuk merampok
haknya
yang dirampas dan dicuri
15 januari 97
Aku Masih Utuh dan Kata-kata Belum Binasa
aku bukan artis pembuat berita
tapi aku memang selalu kabar buruk buat
penguasa
puisiku bukan puisi
tapi kata-kata gelap
yang berkeringat dan berdesakan
mencari jalan
ia tak mati-mati
meski bola mataku diganti
ia tak mati-mati
meski bercerai dengan rumah
ditusuk-tusuk sepi
ia tak mati-mati
telah kubayar yang dia minta
umur-tenaga-luka
kata-kata itu selalu menagih
padaku ia selalu berkata
kau masih hidup
aku memang masih utuh
dan kata-kata belum binasa
18 juni 97
Beberapa pilihan puisi Wiji Thukul dalam Lingkungan Kita Si Mulut Besar
Kuburan Purwoloyo
di sini terbaring
mbok Cip
yang mati di rumah
karena ke rumah sakit
tak ada biaya
di sini terbaring
pak Pin
yang mati terkejut
karena rumahnya tergusur
di tanah ini
terkubur orang-orang yang
sepanjang hidupnya memburuh
terhisap dan menanggung hutang
di sini
gali-gali
tukang becak
orang-orang kampung
yang berjasa dalam setiap Pemilu
terbaring
dan keadilan masih saja hanya janji
di sini
kubaca kembali
: sejarah kita belum berubah!
jagalan, kalangan
solo, 25 oktober 88
Suti
Suti tidak pergi kerja
pucat ia duduk dekat ambennya
Suti di rumah saja
tidak ke pabrik tidak ke mana-mana
Suti tidak ke rumah sakit
batuknya memburu
dahaknya berdarah
tak ada biaya
Suti kusut-masai
di benaknya menggelegar suara mesin
kuyu matanya membayangkan
buruh-buruh yang berangkat pagi
pulang petang
hidup pas-pasan
gaji kurang
dicekik kebutuhan
Suti meraba wajahnya sendiri
tubuhnya makin susut saja
makin kurus menonjol tulang pipinya
loyo tenaganya
bertahun-tahun dihisap kerja
Suti batuk-batuk lagi
ia ingat kawannya
Sri yang mati
karena rusak paru-parunya
Suti meludah
dan lagi-lagi darah
Suti memejamkan mata
suara mesin kembali menggemuruh
bayangan kawannya bermunculan
Suti menggelengkan kepala
tahu mereka dibayar murah
Suti meludah
dan lagi-lagi darah
Suti merenungi resep dokter
tak ada uang
tak ada obat
solo, 27 februari 88
Tong Potong Roti*
tong potong roti
roti campur mentega
belanda sudah pergi
kini datang gantinya
tong potong roti
roti campur mentega
belanda sudah pergi
bagi-bagi tanahnya
tong potong roti
roti campur mentega
belanda sudah pergi
siapa beli gunungnya
tong potong roti
roti campur mentega
belanda sudah pergi
kini indonesia
tong potong roti
roti campur mentega
belanda sudah pergi
kini siapa yang punya
solo, kalangan, april 89
* diilhami sebuah tembang rakyat dari Madura
Apa yang Berharga dari Puisiku
Apa yang berharga dari puisiku
Kalau adikku tak berangkat sekolah
karena belum membayar SPP
Apa yang berharga dari puisiku
Kalau becak bapakku tiba-tiba rusak
Jika nasi harus dibeli dengan uang
Jika kami harus makan
Dan jika yang dimakan tidak ada?
Apa yang berharga dari puisiku
Kalau bapak bertengkar dengan ibu
Ibu menyalahkan bapak
Padahal becak-becak terdesak oleh bis kota
Kalau bis kota lebih murah siapa yang salah?
Apa yang berharga dari puisiku
Kalau ibu dijiret utang?
Kalau tetangga dijiret utang?
Apa yang berharga dari puisiku
Kalau kami terdesak mendirikan rumah
Di tanah-tanah pinggir selokan
Sementara harga tanah semakin mahal
Kami tak mampu membeli
Salah siapa kalau kami tak mampu beli tanah?
Apa yang berharga dari puisiku
Kalau orang sakit mati di rumah
Karena rumah sakit yang mahal?
Apa yang berharga dari puisiku
Yang kutulis makan waktu berbulan-bulan
Apa yang bisa kuberikan dalam kemiskinan
Yang menjiret kami?
Apa yang telah kuberikan
Kalau penonton baca puisi memberi keplokan
Apa yang telah kuberikan
Apa yang telah kuberikan?
Semarang, 6 maret 86
Catatan Hari Ini
aku nganggur lagi
semalam ibu tidur di kursi
jam dua lebih aku menulis puisi
aku duduk menghadap meja
ibu kelap-kelip matanya ngitung utang
jam enam sore:
bapak pulang kerja
setelah makan sepiring
lalu mandi tanpa sabun
tadi siang ibu tanya padaku:
kapan ada uang?
jam setengah tujuh malam
aku berangkat latihan teater
apakah seni bisa memperbaiki hidup?
Solo, juni 86
Catatan Suram
kucing hitam jalan pelan
meloncat turun dari atap
tiga orang muncul dalam gelap
sembunyi menggenggam besi
kucing hitam jalan pelan-pelan
diikuti bayang-bayang
ketika sampai di mulut gang
tiga orang menggeram
melepaskan pukulan
bulan disaput awan meremang
saksikan perayaan kemiskinan
daging kucing pindah
ke perut orang!
Solo, 1987
Beberapa pilihan puisi Wiji Thukul dalam Darman dan Lain-lain
Darman
desa yang tandus ditinggalkannya
kota yang ganas mendupak nasibnya
tetapi dia lelaki perkasa
kota keras
hatinya pun karang
bergulat siang malam
Darman kini lelaki perkasa
masa remaja belum habis direguknya
Tukini setia terlanjur jadi bininya
kini Darman digantungi lima nyawa
Darman yang perkasa
kota yang culas tidak akan melampus hidupnya
tetapi kepada tangis anak-anaknya
tidak bisa menulikan telinga
lelaki, ya Darman kini adalah lelaki perkasa
ketika ia dijebloskan ke dalam penjara
Tukini setia menangisi keperkasaannya
ya merataplah Tukini
di dalam rumah yang belum lunas sewanya
di amben bambu wanita itu tersedu
sulungnya terbaring diserang kolera
Tukini yang hamil buncit perutnya
nyawa di kandungan anak kelima
Kota ini Milik Kalian
di belakang gedung-gedung tinggi
kalian boleh tinggal
kalian bebas tidur di mana-mana kapan saja
kalian bebas bangun sewaktu kalian mau
jika kedinginan karena gerimis atau hujan
kalian bisa mencari hangat
di sana ada restoran
kalian bisa tidur dekat kompor penggorengan
bakmi ayam dan babi denting garpu dan sepatu mengkilat
di samping sedan-sedan dan mobil-mobil bikinan asli jepang
kalian bisa mandi kapan saja
sungai itu milik kalian
kalian bisa cuci badan dengan limbah-limbah industri
apa belum cukup terang benderang itu lampu merkuri taman
apa belum cukup nyaman tidur di bawah langit kawan
kota ini milik kalian
kecuali gedung-gedung tembok pagar besi itu jangan!
Beberapa pilihan puisi Wiji Thukul dalam Puisi Pelo
Sajak Tiga Bait
kepada: kun
yang gelisah mengajakku pulang
aku tahu aku tak sendirian
sesenyap apa di mana pun
ada yang mengajak berhenti ketika
lari
ada yang mengajak bicara ketika diam
ada yang mengajak terbahak ketika
bungkam
ada yang mengajak jaga ketika tidur
aku tak tahu siapa namamu
yang mengajakku pulang
dengan suara rindu bapa pada anaknya
yang membuatku tersedu
di tengah jalan yang panjang dan
remang
Tentang Sebuah Gerakan
tadinya aku pengin bilang
aku butuh rumah
tapi lantas kuganti
dengan kalimat:
setiap orang butuh tanah
ingat: setiap orang!
aku berpikir tentang
sebuah gerakan
tapi mana mungkin
aku nuntut sendirian?
aku bukan orang suci
yang bisa hidup dari sekepal nasi
dan air sekendi
aku butuh celana dan baju
untuk menutup kemaluanku
aku berpikir tentang gerakan
tapi mana mungkin
kalau diam?
1989
Otobiografi
tak pernah selesai pertarungan
menjadi manusia
tak pernah terurai pertarungan
menjadi rahasia
adalah buku lapar arti
tipis segara habis diburu
kubur-kubur waktu
hari-hari pun sajak menagih kata
kata-kata pun ketagihan jiwa
dalam sebuah buku lembar-lembar berguguran
tak seperti bunga tetap kita sirami
di taman-Mu ini
Aku Dilahirkan di Sebuah Pesta yang
Tak Pernah Selesai
aku dilahirkan di sebuah pesta yang
tak pernah selesai
selalu saja ada yang datang dan
pergi hingga hari ini
ada bunga putih dan ungu dekat
jendela di mana
mereka dapat
memandang dan merasakan kesedihan
dan kebahagiaan
tak ada menjadi miliknya
ada potret penuh debu, potret mereka
yang pernah hadir
dalam pesta itu entah sekarang di
mana setelah mati
ada yang merindukan kubur bagi
angannya sendiri
yang melukis waktu sebagai ular
ada yang ingin tidur sepanjang hari
bangun ketika hari
penjemputan tiba agar tidak
merasakan menit-menit
yang menekan dan berat
di sana ada meja penuh kue aneka
warna, mereka
menawarkannya
padaku, kuterima kucicipi semua,
enak!
itulah sebabnya aku selalu lapar
sebab aku hanya punya satu,
kemungkinan!
Tuhanku aku terluka dalam
keindahan-Mu.
Tentang Wiji Thukul
Wiji Thukul
lahir 26 Agustus 1963 di kampung Sorogenen, Solo, yang mayoritas penduduknya
tukang becak dan buruh. Dia sendiri datang dari keluarga tukang becak. Anak
tertua dari tiga bersaudara, berhasil menamatkan SMP (1979) dan masuk SMKI
(Sekolah Menengah Karawitan Indonesia) jurusan tari, tapi tidak tamat alias DO
(1982). Selanjutnya ia berjualan koran, kemudian oleh tetangganya diajak
bekerja di sebuah perusahaan meubel antik menjadi tukang pelitur. Di sini lah
Wiji yang dikenal pelo (cadel) sering mendeklamasikan puisinya buat teman-teman
sekerjanya. Menulis puisi mulai sejak di bangku SD, dunia teater dimasuki
ketika SMP. Lewat seorang teman sekolah dia ikut sebuah kelompok teater JAGAT
(singkatan Jagalan Tengah). Bersama rekan-rekannya di teater inilah ia keluar
masuk kampung ngamen puisi diiringi instrumen musik: rebana, gong, suling,
kentongan, gitar, dll. Tidak hanya di wilayah solo, tapi juga sampai ke Yogya,
Klaten, Surabaya, Bandung, Jakarta. Juga pernah ke Korea dan kota-kota besar
Australia. Tidak hanya di kampung-kampung, juga masuk kampus, selain warung dan
restoran. Dalam sebuah wawancara dikatakan bahwa awalnya ia dianggap gila.
Akhirnya menurut Wiji, sebelum ngamen puisi, dia ngamen musik (nyanyi) terlebih
dahulu. Setelah empunya rumah siap, baru dia ngamen puisi. Tahun 1988
pernah menjadi wartawan MASA KINI meski cuma tiga bulan. Untuk menyambung
hidup, di samping membantu isteri membuka usaha jahitan pakaian, Wiji Thukul
juga menerima pesanan sablonan kaos, tas, dll. Saat mengontrak rumah di kampung
Kalangan, Solo, ia menyelenggarakan kegiatan teater dan melukis untuk
anak-anak. Tahun 1992, sebagai penduduk Jagalan-Purungsawit ikut memprotes
pencemaran lingkungan oleh sebuah pabrik tekstil. Wiji Thukul menerima WERTHEIM
ENCOURAGE AWARD di negeri Belanda. Bersama Rendra ia adalah penerima award
pertama sejak yayasan itu didirikan untuk menghormati sosiolog dan ilmuwan
Belanda W.F. Wertheim. (Selanjutnya saya mengutip biografi Wiji dalam Rahasia
Membutuhkan Kata-nya Harry Aveling) Semenjak serangan atas markas besar
PDI-P Megawati Soekarnoputi pada (27) Juli 1996, Wiji merupakan salah seorang
dari sejumlah buruh yang menentang melawan rezim Suharto (1966-98) yang
kemudian mendadak “hilang”, dan tak dapat ditemukan lagi. Sajak Wiji dikumpulkan
dan diterbitkan saat dia diperkirakan sudah meninggal, oleh sebuah penerbit
kecil yang cukup mencuat, Indonesia Tera, pada Juni 2000 dengan judul Aku
Ingin jadi Peluru.
Catatan lain
Dia tidak punya potongan penyair! Sebuah headline di koran Republika saat saya masih
SMA mengutip omongan seseorang, itu masih jelas saya ingat di benak saya. Luar
biasa kata-kata itu: Tidak punya potongan penyair! Ada-ada saja. Satu-satunya
puisi yang dikutip, seingat saya, yang berisi ini: Apa yang berharga dari
puisiku/Kalau adikku tak berangkat sekolah, dst.
Waktu kuliah
di Jogja, rasanya saya pernah melihat buku Aku Ingin jadi Peluru, tapi tak
punya uang buat beli. Mahasiswa cekak, jangankan beli-beli buku puisi, buku
buat kuliah pun tak terbeli. Seingat saya, buku puisi yang saya beli waktu
kuliah cuma Celana-nya Joko Pinurbo. Nah, pas Hajri bolak-balik
Banjarmasin-Jogja buat nyelesain kuliah S1 yang tertunda (luar biasa kawan kita
ini, dia seangkatanku tahun 1998 dan baru kepikiran untuk menyelesaikannya
tahun 2013!) – kubilang, carikan buku Wiji Thukul. Lama tak ada kabarnya,
beberapa kali ketemu juga tak ada perkembangan. Pikirku, barangkali sudah habis
di pasaran, ketika tiba-tiba ia mengabarkan, ia menemukan buku itu di toko buku
Bang Yos (maksudnya Jose Rizal Manua di TIM). Saya pun datang bersemangat ke
rumah Hajri dan menemukan buku setebal 176 halaman itu. Hajri bilang, ini
seperti buku fotocopi. Lantas kulihat sebuah coretan pensil di pojok kanan
halaman pertama 62500, barangkali itu harganya.
Ada lima sub bagian dalam kumpulan ini. Puisi Pelo dan Darman dan
Lain-lain pernah diterbitkan oleh Taman Budaya Surakarta. Sub bagian
terakhir Baju Loak Sobek Pundaknya, adalah bagian sajak-sajak yang
ditulis Wiji Thukul dalam masa pelarian (setelah 1 Agustus 1996) dengan
menggunakan nama samaran Budi Bang Branang. Koleksi ini hanya dimiliki oleh
Jaap Erkelens yang menerima langsung dari mbak Sipon (istri Wiji) atas
permintaan Wiji Thukul sendiri, hingga ia hilang keberadaannya. Dalam kumpulan
terakhir ini digabung juga 3 sajak lagi yang ditemukan Erkelens di majalah
Pembebasan, yaitu Tujuan Kita Satu Ibu, Aku Masih Utuh dan Kata-kata
belum Binasa, dan sebuah di majalah Bergerak “Tanpa Judul”
(keterangan ini ditulis dalam Pengantar
Redaksi).
Di bagian akhir juga ada wawancara Wiji Thukul yang dijuduli Seniman Harus
Memperjuangkan Gagasannya. Sepertinya ini wawancara yang dilakukan
Kusprihyanto Namma yang dimuat dalam Jurnal RSP (Revitalisasi Sastra Pedalaman)
sebagaimana telah dijelaskan dalam Pengantar Redaksi. Saya terharu di bagian
ini: Penanya: Anda disebut penyair kerakyatan. Ada komentar? Ini jawaban
Wiji: “Dalam menulis puisi saya cenderung tak peduli apa pun. Yang menyebut
saya penyair kerakyatan kan orang lain. Bukan saya. Kalau saya yang
bilang begitu namanya takabur. Dan memang perlu diluruskan bahwa saya tidak
membela rakyat. Saya sebenarnya membela diri saya sendiri. Saya tidak ingin
disebut pahlawan karena berjasa memperjuangkan nasib rakyat kecil. Sungguh saya
hanya bicara soal diri saya sendiri. Lihatlah saya tukang pelitur, istri buruh
jahit, bapak tukang becak, mertua pedagang barang rongsokan, dan lingkungan
saya semuanya melarat. Mereka semua masuk dalam puisi saya. Jadi saya tidak
membela siapa pun. Cuma secara kebetulan, dengan membela diri sendiri ternyata
juga menyuarakan hak-hak orang lain yang sementara ini entah di mana.”
Kalau boleh membagi-bagi, ada 3 kecenderungan puisi Wiji, yaitu Pertama, puisi
yang bercorak pernyataan sikap, berisi pikiran dan idealisme Wiji yang
disuarakan secara keras dan lantang, Kedua, puisi yang berisi potret
orang-orang kecil, memberi deskripsi – perjuangan dan ironi kehidupan
mereka. Dan ketiga, puisi yang berisi kegelisahan pribadi, sebagai seorang
kepala keluarga, individu, maupun makhluk Tuhan. Bagian ini terasa lebih liris,
sedih, murung. Kata sebuah sajaknya: Tuhanku aku terluka dalam keindahan-Mu.
Tapi kadang-kadang juga, ada puisi-puisinya yang merupakan gabungan dari corak-corak
yang ada, tidak melulu satu corak an sich.
Sebagai bagian akhir dari tulisan ini, saya hanya ingin menyayangkan. Setelah
membolak-balik – dari depan ke belakang, dari belakang ke depan, Aku Ingin
Jadi Peluru, sempat kepikiran, sempat membayangkan, sempat menginginkan,
sempat menahan desakan perasaan: Seandainya hari puisi Indonesia jatuh pada 26
Agustus, hari lahirnya Wiji Thukul!
Komentar
Posting Komentar